Menghargai Sebuah Pohon



Apa artinya sebuah pohon? Seberapa besar pentingnya jawaban itu kita tahu? Dan seberapa besar jumlah masyarakat kita yang tahu? Tiga pertanyaan itu terus menjadi pertanyaan yang sampai hari ini belum ditemui jawabannya. Buktinya, prilaku kita dalam keseharian belum mencerminkan ketahuan kita akan tiga pertanyaan tersebut. Baca Juga KETIKA POHON IBARAT “GADIS”



Benar, saat ini kita belum berpikir pentingnya sebuah pohon karena saban hari kita terus diseduhkan pemandangan hijaunya pegunungan, rindangnya pepohonan di trotoar jalan, dan satu dua pepohonan di perkarangan rumah. Bayangkan jika suatu saat nanti pohon hanya tinggal satu, pohon itu akan menjadi rebutan, akan menjadi pusat perhatian semua orang.

Tidak hanya masyarakat, pemerintahpun saat ini belum mementingkan tiga pertanyaan itu. Buktinya, dalam setiap pembangunan belum mencerminkan pentingnya menjaga lingkungan. Hutan di rusak, pohon ditebang, dan hanya mengedepankan kepentingan sesaat untuk meraup fee proyek dari pembangunan tersebut. Baca Juga Kerangka Penjelas Konflik Agraria Struktural