Lakukan Enam Hal Jika Berjumpa Harimau

harimau,panthera tigrisApa yang harus anda lakukan jika bertemu hewan buas harimau, lari? diam? melawan? atau anda pinsan duluan. Berikut tips jika anda bertemu hariamu di hutan berantara, tapi yang pasti jikapun anda sudah menghafal tips ini jika anda pingsan tidak ada gunanya, heheh

1. Jangan panik
Usahakan untuk tetap bersikap tenang dan jangan gegabah. Memang sulit rasanya menyembunyikan rasa histeris saat menatap mata binatang loreng ini. Tapi, sama dengan Anda, ketika harimau melihat objek baru mungkin dia juga merasa kaget. "Tetap tenang. Harimau mungkin sama terkejutnya seperti Anda," ungkap Nyhus.

2. Halangi serangannya
Jika di dekat Anda terdapat sesuatu yang dapat dijadikan penghalang, coba untuk halau serangan harimau dengan objek itu. "Jika terdapat pintu, tutup pintu itu," tutur Nyhus.

 

3. Jaga jarak
Tetap jaga jarak Anda dengan binatang satu ini. Mungkin Anda berusaha untuk berdamai dengannya, namun tetap jaga jarak Anda agar tak terlalu dekat dengan harimau.

4. Jangan terlihat lemah
Jangan perlihatkan Anda berada di posisi lemah seolah menjadi makanan atau mangsa mereka. Selama lebih dari 10.000 tahun otak harimau berevolusi untuk mengambil sesuatu yang mereka nilai kecil dan menangkapnya dengan cara mematahkan leher dan tulang belakangnya. "Jadi sebaiknya jika Anda menghadapi harimau. Cobalah untuk terlihat besar dan berjalan mundur perlahan," kata Nyhus.

5. Bunyikan sesuatu untuk minta bantuan
Cobalah untuk menggerakkan objek yang dapat menimbulkan suara sehingga orang yang berada di sekitar Anda mendengar dan memberikan pertolongan.

6. Lemparkan suatu objek ke arah lain
Jika semua tindakan di atas tidak berjalan dengan baik. Alihkan perhatian harimau dengan melemparkan sesuatu benda ke arah lain agar pandangannya tak hanya tertuju pada Anda.
Terakhir, berdoalah semoga harimau yang berhadapan dengan Anda bukan harimau yang sedang lapar dan siap menjadikan Anda makanannya.
(Umi Rasmi. Sumber: National Geographic News)

Baca juga: Alam Tidak Hanya Untuk Kita Juga Buat Meraka